PERSEPSI KONSUMSI SUSU CAIR MASYARAKAT DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN

Wahyu Dyah Prastiwi, Hery Setiyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian mengkaji persepsi konsumsi susu cair pada konsumen di wilayah perkotaan dan pedesaan. Responden adalah ibu rumah tangga atau anggota keluarga dewasa yang bertanggung jawab dalam belanja pangan keluarga. Responden penelitian mempunyai persepsi positif terhadap karakteristik dan atribut produk susu cair. Karakteristik dan atribut produk berkorelasi positif dengan perilaku konsumsi susu cair. Pada penelitian ini ditemukan bahwa perilaku konsumsi susu cair antara masyarakat pedesaan dan perkotaan berbeda sangat nyata (p<0,01). Makalah ini menggaris bawahi bahwa produsen susu cair hendaknya menjaga kontinyuitas dan kualitas produknya. Pemerintah hendaknya mengembangkan peran dalam mekanisme pengawasan dan supervisi kualitas produk susu serta memberikan jaminan dalam stabilitas harga dan distribusi yang merata di seluruh wilayah perkotaan dan pedesaan.     

 

Kata kunci: susu cair, persepsi, konsumsi, perkotaan, pedesaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v34i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.