ANALISIS PEMASARAN TELUR PADA PETERNAKAN AYAM PETELUR CV. INDAH MUSTIKA DI DESA MANGUNSARI KECAMATAN GUNUNG PATI KABUPATEN SEMARANG

R. A. Saputro, A. Setiadi, W. Sarengat

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan CV. Indah Mustika, trend pertumbuhan volume telur, dan keeratan hubungan antara volume penjualan dengan biaya pemasaran. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan peternak unggas, sebagai bahan pertimbangan rencana pemasaran telur secara efisien serta dapat menentukan saluran pemasaran yang efisien dan keeratan hubungan volume penjualan dengan biaya pemasaran, sedangkan manfaat bagi mahasiswa adalah untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara langsung dengan berpedoman pada kuesioner. Data yang diambil berupa data time series mulai dari Januari 2013-Desember 2015. Data tersebut berupa data sekunder yang diperoleh dari pembukuan CV. Indah Mustika. Analisis data menggunakan perhitungan pendapatan, analisis trend square, uji t dan analisis korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan CV. Indah Mustika mampu menghasilkan keuntungan. Pendapatan bersih selama Januari 2013 – Desember 2015 adalah sebesar Rp. 75.422.115/bulan. pertumbuhan volume penjualan telur sebesar 98,517 kilogram. nilai korelasi volume penjualan telur dengan biaya pemasaran sebesar 0,540 artinya antara volume penjualan telur dengan biaya pemasaran mempunyai hubungan erat. Nilai signifikansi antara volume penjualan telur dengan biaya pemasaran sebesar 0,001.

 

Kata kunci : pendapatan, telur ayam, volume penjualan, biaya pemasaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v34i2.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.