Analisis Integrasi Pasar Ubi Kayu Di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (Analysis Of Market Integration On Cassava In Pracimantoro District, Wonogiri Regency)

Harrio Bagus Rio Handoko, Minar Ferichani dan Setyowati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, dan integrasi pasar dalam  kegiatan pemasaran ubi kayu di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode penentuan lokasi secara purposive di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Pengambilan sampel petani dengan metode Accindental sampling dengan jumlah reponden 30 orang. Pengambilang sampel lembaga pemasaran dengan snowball sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, biaya, keuntungan, marjin pemasaran, regresi, IMC (Index of Market Connection). Hasil penelitian terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran yang memiliki nilai farmer’s share tertinggi adalah saluran ke-dua dengan nilai 66,7%. Hasil analisis IMC menujukkan nilai 1,4 >1, maka integrasi pasar antara harga ditingkat petani dengan ditingkat konsumen rendah.

 

Kata kunci: IMC, Integrasi Pasar, Ubi Kayu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v37i1.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.