Analisis Kepuasan Pengunjung Dan Pengembangan Agrowisata Lembah Nirwana Di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal

Heny Kartika, Harum Sitepu dan Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengunjung Agrowisata Lembah Nirwana dan  bagaimana cara pengembangan Agrowisata tersebut.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif melalui Analisis SWOT, pengambilan sampel dengan metode accidental sampling, dan pengumpulan data dengan interview, kuesioner (Angket), dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kepuasan pengunjung dengan variabel Sumber Daya Manusia  didapat 77,3% (Puas), Sumber Daya Alam didapat 78 % (Puas), Sarana dan Prasarana didapat 78,6% (Puas), Harga didapat 72% (Puas), Emosi didapat 92% (Sangat Puas). 2) pengembangan Agrowisata Lembah Nirwana masuk dalam posisi kuadaran II yang artinya Agrowisata Lembah Nirwana menghadapi berbagai ancaman tetapi masih memiliki kekuatan dalam segi internal. Alternatif strategi tersebut berupa S-O, S-T, W-O, dan W-T. Kesimpulan : kepuasan pengunjung terhadap Agrowisata Lembah Nirwana dikatakan puas yaitu dengan rata-rata 79,6%. Sedangkan alternatif strategi pengembangan Agrowisata Lembah Nirwana menggunakan Analisis SWOT terdiri atas enam alternatif strategi yaitu, memperbanyak spot foto yang unik dan khas, membuat acara pada saat akhir pekan, membuat tim khusus promosi, menerapkan perkembangan teknologi dalam sistem kerja, meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas, serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan acara.


Keywords


Agrowisata, kepuasan pengunjung, analisis SWOT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v40i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.