Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kopi Arabika Bowongso

Nasrun Pradipta, Mukson dan Kustopo Budiraharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap kepuasan konsumen produk kopi arabika Bowongso. Metode penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang dengan kriteria responden yang pernah membeli serta mengonsumsi produk kopi Bowongso minimal 2 kali. Analisis kepuasan konsumen dianalisis menggunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis), dan CSI (Customer Satisfaction Indeks). Analisis faktor kepuasan konsumen dianalisis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis IPA ditemukan lima indikator yang perlu dilakukan perbaikan untuk memaksimalkan tingkat kepuasan konsumen kopi Bowongso yaitu variasi harga, kemudahan pembayaran, akses pembelian, ketersediaan delivery order, dan promosi di media sosial dikarenakan indikator–indikator tersebut terletak di kuadran I yang menunjukkan tingkat kepentingan yang tinggi namun memiliki tingkat kinerja yang rendah. Berdasarkan analisis CSI secara keseluruhan konsumen merasa sangat puas terhadap produk kopi Bowongso yang ditunjukkan melalui nilai indeks kepuasan konsumen yaitu 83,86%. Berdasarkan analisis regresi linear berganda diketahui bahwa variabel bebas (produk, harga, tempat, dan promosi) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen) secara simultan dan parsial. Berdasarkan koefisien determinasi variasi nilai kepuasan dijelaskan oleh variabel produk, harga, tempat, dan promosi sebesar 71% sisanya 29% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.


Keywords


bauran pemasaran; kepuasan konsumen; kopi bowongso

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.