Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Kepuasan Pembelian Kopi Starbucks Berlabel Sustainability Di Kota Semarang

Ahmad Faiz Armiano Syah, Kustopo Budiraharjo dan Dimas Rahadian Aji Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengetahuan (X1), persepsi lingkungan (X2), persepsi kualitas (X3) dan persepsi harga (X4) terhadap kepuasan pembelian produk kopi Starbucks berlabel sustainability (Y). Lokasi penelitian yaitu di 10 gerai Starbucks di Kota Semarang. Populasi yang digunakan adalah pengunjung gerai Starbucks di Kota Semarang berusia 20 tahun ke atas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, yaitu regresi linier berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Pada uji t, diketahui tidak ada variabel yang berpengaruh secara parsial signifikan terhadap variabel Y. Dari uji F diketahui bahwa semua variabel independen tidak berpengaruh secara signfikan secara simultan terhadap variabel dependen. Besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 5,3%.


Keywords


kepuasan; konsumen; kopi; pengetahuan; persepsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.