Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Karkas Ayam Best Chicken PT. Ciomas Adisatwa di Kota Semarang

Nadiyah Farhati, Titik Ekowati dan Wiludjeng Roessali

Abstract


Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk diperlukan dalam manajemen perusahaan dengan mengukur kinerja melalui indikator kualitas produk. Penelitian bertujuan untuk menganalisis atribut-atribut kualitas produk Best Chicken yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Best Chicken. Penelitian ini menggunakan 2 metode analisis data, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode IPA digunakan untuk untuk memberi informasi tentang faktor-faktor kualitas produk Best Chicken yang sangat mempengaruhi kepuasan konsumen dan yang perlu diperbaiki karena belum memuaskan. Metode CSI digunakan untuk mengukur dan menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Best Chicken secara menyeluruh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan partisipan warga kota semarang yang pernah membeli produk best chicken. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis IPA, atribut pada kuadran A dianggap penting oleh konsumen namun kinerjanya masih belum memuaskan. Atribut yang perlu ditingkatkan kinerjanya yaitu harga produk, kemudahan memperoleh produk dan kenyamanan berbelanja. Atribut pada kuadran B merupakan atribut yang dianggap penting dan kinerjanya memuaskan. Atribut tersebut yaitu kesegaran produk, kebersihan produk, berat produk, jumlah potongan, bentuk potongan, kehalalan produk, bentuk produk dan citra merk produk. Nilai CSI diperoleh sebesar 85,2%, sehingga konsumen sangat puas terhadap kualitas produk Best Chicken.

Keywords


best chicken ; kepuasan ; konsumen ; IPA ; CSI.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.