Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Terhadap Produk Sayur Organik (Studi Kasus: Pasar Sehati Semarang)

Hery Setiyawan, Siswanto Imam Santoso dan Sevina Haninditya Putri

Abstract


Sayur organik merupakan produk pertanian yang tidak menggunakan bahan kimia anorganik dan memiliki kualitas yang baik bagi kesehatan sehingga harganya relatif lebih mahal. Pasar Sehati Semarang merupakan mitra Dinas Pertanian Kota Semarang yang menjual produk sayur organik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen yang membeli produk sayur organik, menganalisis besarnya nilai rata-rata maksimum kesediaan membayar konsumen (WTP) terhadap produk sayur organik, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen terhadap produk sayur di Pasar Sehati Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2024 di Pasar Sehati Semarang, Kota Semarang. Responden diambil dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumen, Contingent valuation method (CVM) untuk mengetahui nilai rata-rata WTP, dan analisis regresi logistik biner untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai WTP konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata maksimum WTP terhadap produk sayur organik di Pasar Sehati Semarang untuk jenis wortel lebih tinggi 13.1%, selada lebih tinggi 13.46%, dan kubis ungu lebih tinggi 15% dari harga saat penelitian


Keywords


konsumen, sayur organik, kesediaan membayar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.