ANALISIS FAKTOR – FAKTOR SUB SISTEM AGRIBISNIS PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN BENIH KENTANG (GRANOLA L.) DI KEBUN BENIH HORTIKULTURA OLEH PETANI DI KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA

Pujo Purwanto, Agus Setiadi, Bambang Suryanto

Abstract


Tujuan Penelitian1)Mengetahui subsistem agribisnis pemasaran yang mempengaruhi pendapatanpatani benih kentang di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. 2) Menganalisi besarnya tingkat pendapatan petani kentang di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.Penelitian dilakasanakan di Kecamatan Batur, Banjarnegara. Kegiatan dimulai bulan Nopember 2011. Kecamatan Batur merupakan daerah yang sebagian besar penduduknya bertani kentang. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara. Data primer dan sekunder. Metode analisis data regersi linier berganda. Hasil penelitian :1) Subsistem agribisnis pemasaran yang mempengaruhi permintaan benih kentang di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara meliputi benih produksi sendiri, harga jual, selera, dan kualitas. Semua variabel ini berpengaruh nyata dalam meningkatan pendapatan petani. 2) Total penerimaan  Rp 57.800.000,00 dan total biaya produksi Rp 39.600.000,00 sehingga diperoleh pendapatan sebesar Rp 18.200.000,00 hal ini karena petani telah menerapkan GAP (Good Agricultural Practices)  dan pola tanam serta petani mau menerima teknologi baru.

 

Kata kunci: subsistem, kentang, pola tanam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v32i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.