Strategi Pengembangan Agribisnis Tanaman Anggrek Di Kota Semarang

Santayana A. Agus Setiadi, Endang DP.

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini menentukan posisi bisnis dari petani anggrek Kota Semarang dan merumuskan strategi pengembangan agribisnis tanaman anggrek. Metode yang digunakan adalah metode survey dan wawancara. Data primer didapatkan dengan metode wawancara menggunakan pengisian kuisioner bagi sentra anggrek pada bulan Januari 2017 anggota kelompok tani binaan asosiasi perkumpulan petani tanaman anggrek kota Semarang. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal terhadap pengembangan agribisnis tanaman anggrek serta kekuatan dan kelemahan pengembangan agribisnis tanaman anggrek di Kota Semarang. Hasil analisis SWOT posisi petani tanaman anggrek berada kuadran 1. Hal ini menunjukkan petani tanaman anggrek berada pada situasi yang menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Strategi untuk pengembangan tanaman anggrek dengan 4 strategi S-O yaitu, memperluas jaringan pemasaran, mengembangkan kerjasama yang melibatkan peran Dinas Pertanian, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mendukung pengembangan budidaya tanaman anggrek, pelatihan budidaya tanaman anggrek dan memperbanyak ketersediaan bibit pada Asosiasi Lembaga Penunjang.

           

Kata kunci : strategi, Anggrek, Analisis SWOT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v35i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.