Analisis Rantai Pasok Bunga Melati Di Kabupaten Batang
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aliran produk, keuangan, informasi, menganalisis efisiensi pemasaran pada rantai pasok melati di Kabupaten Batang dan menganilisis perbedaan efisiensi pemasaran pada rantai pasok di Kecamatan Kandeman dan Kecamatan Batang. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kandeman dan Kecamatan Batang dengan alasan Kecamatan Kandeman dan Kecamatan Batang merupakan sentra produksi melati terbesar di Kabupaten Batang. Penentuan responden petani dilakukan menggunakan metode Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin, yaitu 27 responden di Kecamatan Batang dan 33 responden di Kecamatan Kandeman. Penentuan responden off farm menggunakan metode Snowball Sampling yaitu 11 responden pengepul, 6 responden pedagang besar dan 7 responden pengecer. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, metode analisis efisiensi pemasaran dan menggunakan uji beda independent sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aliran produk pada rantai pasok bunga melati bergerak dari petani sampai kepada konsumen, aliran keuangan bergerak dari konsumen ke petani dan aliran informasi berjalan dua arah, yaitu dari dari hulu ke hilir maupun dari hilir ke hulu. Pemasaran pada rantai pasok bunga melati di Kabupaten Batang efisien. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari efisiensi pemasaran antara Kecamatan Kandeman dan Kecamaatan Batang.
Kata Kunci: efisiensi pemasaran, melati, rantai pasok
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v37i2.257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.