Analisis Pemasaran Ikan Lele Masamo Pada Kelompok Pembudidaya Ikan “Sukas Fish Farm” Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Anggit Ribowo, Sulistyowati dan Karyadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, besarnya margin dan farmer’s share dan efisiensi pemasaran ikan lele masamo di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm yang dilakukan pada bulan Pebuari- April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang didapat dalam penelitian diketahui bahwa pemasaran ikan lele masamo yang ada di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm. Hal ini berdasarkan analisis harga beli, harga jual dan keuntungan yang diperoleh lembaga pemasaran yang terlibat. Nilai efisiensi tiap lembaga pemasarannya yaitu, pedagang pengumpul 0,051 dan pedagang pengecer 0,038. Terdapat tiga saluran pemasaran ikan lele masamo di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm. Saluran 1: pembudidaya dan konsumen akhir. Saluran 2: pembudidaya, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Saluran 3:pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecerdan konsumen akhir. Besarnya nilai margin pembudidaya (Rp.2.000), pedagang pengumpul (Rp.3.500) dan pedagang pengecer (Rp.4.500). Nilai farmer’s share pada saluran 1 (100%), saluran 2 (82,05%) dan saluran 3 (81,25%).


Keywords


Lele Masamo, Saluran Pemasaran, Efisiensi dan Margin Pemasaran, Kab. Semarang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v41i2.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.