Strategi dan efisiensi pemasaranikan bandeng (chanos chanos.) oleh petani tambak di desa Tratebang Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Nur Agil Wibowo, Wiharso, dan R. Pramono

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran, marjin pemasaran, farmer's share dan efisiensi pemasaran Ikan Bandeng. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2021. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Mengambil responden 30 petani tambak menggunakan metode random sampling. Responden pedagang pengumpul 3 orang, pedagang besar 3 orang dan pedagang pengecer 8 orang dengan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, kuisoner, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Saluran pemasaran ikan bandeng ada 4 saluran. 2). Strategi SWOT : Meningkatkan produksi ikan bandeng.,Memperluas jangkauan pemasaran ikan bandeng agar semakin dikenal di luar kota., Memaksimalkan potensi dari ikan bandeng. Ketersediaan fasilitas dan infrastruktur untuk memasarkan ikan bandeng. 3). saluran pemasaran yang relatif efisien adalah saluran 1 dengan nilai marjin pemasaran sebesar Rp 4.000 /kg, nilai farmer’s share sebesar 82,61 persen, dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya sebesar 1.64


Keywords


Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Ikan Bandeng, Saluran Pemasaran , SWOT.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v40i2.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.