Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Beras di UD Sri Rejeki Kabupaten Sukoharjo

Yehezkiel Hilkia, Mukson dan Migie Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan faktor-faktor  eksternal pemasaran produk beras di UD Sri Rejeki, dan menganalisis strategi pengembangan produk beras di UD Sri Rejeki. Penelitian ini dilakukan pada Bulan September – Oktober 2023 di UD Sri Rejeki, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. UD Sri Rejeki dipilih sebagai lokasi penelitian secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa UD Sri Rejeki mengolah gabah menjadi produk beras sekaligus memasarkannya ke berbagai wilayah di Sukoharjo. Metode penelitian digunakan studi kasus dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Sampel menggunakan purposive sampling dengan informan terpilih, terdiri dari pemilik UD Sri Rejeki, 3 orang karyawan, dan 30 orang konsumen langsung, dan 15 agen pemasaran. Metode analisa data digunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT. Metode analisa data digunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Strength-Opportunity (SO) paling cocok untuk diterapkan dan menghasilkan empat alternatif strategi, yaitu (1) memaksimalkan lokasi strategis dengan pelayanan yang baik, (2) menambah variasi produk yang bervariasi, (3) peningkatan kualitas dan kuantitas produk di UD. Sri Rejeki, (4) peningkatan promosi melalui media sosial.


Keywords


SWOT, beras, strategi pengembangan pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.