FITOREMEDIASI BAHAN AKTIF CARBOFURAN® MENGGUNAKAN ENCENG GONDOK (Eichornia Crassipes (Mart) Solms)

Karyadi *) dan Eko Istiono

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kemampuan enceng gondok sebagai pengganti arang aktif dalam pengolahan air limbah pestisida carbofuran dan laju degradasi pestisida bahan aktif Carbofuran® dengan menggunakan enceng gondok (Eichhornia Crassipes (Mart.) Solms).

            Metoda penelitian menggunakan penjerapan dengan pemodelan, melalui tahap skala laboratorium sebelum dilakukan scale up. Fitoremediasi menggunakan enceng gondok dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pemecahan masalah dalam pencemaran air yang disebabkan oleh industri pestisida.

            Pada skala laboratorium diperoleh penurunan konsentrasi bahan aktif carbofuran pada setiap penambahan waktu di skala laboratorium dengan persamaan y = 0.3742Ln(x) - 1.4524. Fotosintesis berpengaruh pada efisiensi penjerapan, pada pukul 12.00 memiliki efisiensi yang tinggi yaitu 82,21%. diperoleh model jerapan carbofuran mengikuti persamaan model Freundlich x/m =0,00094C3,2346. Perbandingan biaya yang cukup significant yaitu Rp 10.097,- per mcub limbah dibandingkan dengan pengolahan menggunakan arang aktif yaitu Rp 20.255,- per mcub limbah sehingga cara pengolahan limbah industri menggunakan enceng gondok lebih ekonomis. Residu pada enceng gondok yang terjerap adalah 0,41 ppm.

            Remediasi atau pembersihan lahan yang tercemar polutan diharapkan dapat menggunakan metode fitoremediasi dengan biaya dan proses yang sederhana di daerah perairan dimana enceng gondok dapat hidup dengan subur. Secara ekonomis fitoremediasi hasil penelitian ini layak untuk diterapkan di industri dengan penghematan biaya yang cukup signifikan dan dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk penjerapan bahan aktif pestisida. Model jerapan pada kolam enceng gondok dapat diaplikasikan untuk memperkirakan berapa jumlah dan waktu tinggal air limbah dalam kolam enceng gondok. Sisa tanaman enceng gondok tidak dapat digunakan sebagai sumber pakan ternak dan kerajinan karena sudah tercemar bahan corbofuran.

 

Kata kunci: Fitoremediasi,Penjerapan,Carbofuran®,Eichhornia Crassipes (Mart.) Solms,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v26i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.