INTEGRITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SMK PERTANIAN

R. Pramono .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  integrasi  pendidikan  karakter  dalam pembelajaran meliputi  perencanaan  pembelajaran, pelaksanaan  pembelajaran  dan  evaluasi  pembelajaran.  Informan  penelitian ini adalah guru kelas  X  SMK  Pertanian. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan  menarik  kesimpulan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  integrasi pendidikan  karakter  dalam  perencanaan  pembelajaran meliputi  perancangan silabus dan RPP yang sudah memuat pendidikan karakter yaitu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta terdapat lembar penilaian karakter siswa. Integrasi pendidikankarakter pada pelaksanaan pembelajaran  meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru  membertikan  motivasi  pada  siswa.  Pada  kegiatan  inti,  guru  mengelola  pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga  membiasakan  siswa memilki  karakter  demokratis,  toleransi,  peduli  sosial,  komunikatif,  rasa  ingin  tahu,   cinta damai,  kerja  keras,  dan   kreatif.  Pada  kegiatan  penutup  guru  membiasakan  siswa  untuk memiliki  karakter  tanggung  jawab  dan  kreatif  dengan  pemberian  tugas.  Integrasi pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran  adalah guru melaksanakan ulangan  harian  atau  tugas  individu  sehingga  siswa  dapat  membiasakan  diri  memilki karakter jujur, disiplin, kerja keras dan tanggung jawab.

 

Kata kunci: pembelajaran , pendidikan karakter.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v33i2.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.