INTEGRITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SMK PERTANIAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Informan penelitian ini adalah guru kelas X SMK Pertanian. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran meliputi perancangan silabus dan RPP yang sudah memuat pendidikan karakter yaitu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta terdapat lembar penilaian karakter siswa. Integrasi pendidikankarakter pada pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru membertikan motivasi pada siswa. Pada kegiatan inti, guru mengelola pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga membiasakan siswa memilki karakter demokratis, toleransi, peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras, dan kreatif. Pada kegiatan penutup guru membiasakan siswa untuk memiliki karakter tanggung jawab dan kreatif dengan pemberian tugas. Integrasi pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran adalah guru melaksanakan ulangan harian atau tugas individu sehingga siswa dapat membiasakan diri memilki karakter jujur, disiplin, kerja keras dan tanggung jawab.
Kata kunci: pembelajaran , pendidikan karakter.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v33i2.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.