Pengaruh Penggunaan Limbah Kecambah Kacang Hijau Terhadap Kecernaan Protein Kasar, Kecernaan Serat Kasar Dan Pertambahan Bobot Badan Itik Magelang

E. Aprilianti, I. Mangisah dan V. D. Y. B. Ismadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau dalam ransum terhadap kecernaan protein kasar, kecernaan serat kasar  dan pertambahan bobot badan pada itik Magelang. Materi yang digunakan adalah 120 ekor itik Magelang umur 4 minggu dengan bobot badan rata-rata 960,66 ± 136,29 g. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah level limbah kecambah kacang hijau, yaitu 0, 5, 10, 15%. Parameter yang diukur adalah kecernaan protein kasar, kecernaan serat kasar dan pertambahan bobot badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau berpengaruh nyata (p> 0,05) terhadap kecernaan serat kasar dan tidak berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap konsumsi ransum, kecernaan protein kasar dan pertambahan bobot badan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau dalam ransum sampai 15% tidak meningkatkan kecernaan protein kasar, kecernaan serat kasar dan pertambahan bobot badan.

 

Kata kunci : itik Magelang, limbah kecambah kacang hijau, kecernaan serat kasar dan protein kasar, pertambahan bobot badan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v35i2.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.