ANALISIS PENGARUH FAKTOR PEMASARAN, PERAN LEMBAGA DAN MOTIVASI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PETERNAK PADA USAHA PETERNAKAN ITIK DI KELURAHAN PESURUNGAN LOR KOTA TEGAL

Taufik DK Isbandi, Dyah M

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemasaran, peran lembaga dan motivasi peternak terhadap perubahan perilaku peternak itik Tegal. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober sampai November 2012 yang berlokasi di Gapoktan Purwadiwangsa, Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode surv ei dan observasi. Penentuan jumlah responden menggunakan simple random sampling sebanyak 100 orang peternak. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0 dengan model Y = 79,983 + 0,307X1 + 0,474X2 + 0,930X3 + δ. Variabel dalam penelitian ini, yaitu Y = Perilaku Peternak (sikap, pengetahuan, keterampilan), X1 = Pemasaran,  X2 = Peran Lembaga, X3 = Motivasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel independen, yaitu pemasaran (X1), peran lembaga (X2), dan motivasi (X3) memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, artinya semua variabel X1, X2 dan X3 memiliki pengaruh terhadap perubahan perilaku peternak (Y). Rata-rata peternak itik pemasarannya berada dalam ketegori sedang, peran lembaga kategori baik, motivasi kategori baik dan perilaku peternak dalam kategori baik. Secara parsial maupun secara simultan faktor pemasaran, peran lembaga dan motivasi berpengaruh signifikan, pengaruh ketiga faktor tersebut sebesar 68,5% terhadap perilaku peternak.

 

Kata kunci: Pemasaran, Peran Lembaga, Motivasi dan Perilaku Peternak,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v31i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.