Efisiensi Pemasaran Susu Sapi Perah di Kelompok Ternak Rejeki Lumintu Kelurahan Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Nadia Alfia Safitri, Saparto, dan Sutopo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan mengetahui saluran pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share serta efisiensi pemasaran susu sapi di Kelompok Ternak Rejeki Lumintu Kelurahan Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analisis. Metode penentuan petani responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus, sedangkan penentuan lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snawball sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil pada bulan Februari – Maret 2020 dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Analisis data menggunakan cost margin analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 3 saluran pemasaran yaitu Saluran I : Peternak→ Konsumen, Saluran II : Peternak→ Pedagang Pengumpul → Konsumen, dan Saluran III : Peternak→ Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen. Biaya pemasaran Saluran I Rp. 0,00 /liter, Saluran II Rp. 150,00 /liter, dan Saluran III Rp. 693,08 /liter. Keuntungan pemasaran per liter Saluran I Rp. Rp. 1.854,18 /liter, Saluran II Rp. 1.850,00 /liter, Saluran III Rp. 2.579,65 /liter. Margin pemasaran per liter Saluran I Rp. Rp. 1.854,18 atau 26,49 %, Saluran II Rp. 2.000,00 atau 28,57% dan Saluran III Rp. 3.272,73 atau 39,56%. Farmer’s share Saluran I 73,51%, Saluran II 71,43% , Saluran III 60,44%. Kesimpulan : efesiensi pemasaran di ketiga saluran pemasaran efisien. Urutan saluran pemasaran paling efisien adalah saluran I, saluran II, dan saluran III.

 

Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Susu Sapi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v38i2.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.