Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Semarang, Jawa Tengah

Kirana Ayu, Agus Setiadi dan Titik Ekowati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut daging ayam yang menjadi preferensi konsumen dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Semarang. Penelitian dilakukan pasar Johar, Rejomulyo, Karangayu dana Peterongan pada bulan Maret-April 2020. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan wawancara berdasarkan  daftar pertanyaan pada kuesioner. Responden berjumlah 100 orang dipilih dengan menggunakan metode Non Probabilty Sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis Konjoin dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian kombinasi atribut yang paling disukai konsumen adalah daging ayam yang memiliki ukuran daging sedang, warna daging yang putih kekuningan (tidak pucat), tekstur daging yang kenyal, bagian daging dada dan harga berkisar antara Rp 27.000 – Rp 30.000. Berdasarkan kepentingan relatif atribut yang paling diprioritaskan oleh konsumen adalah ukuran daging, warna daging, bagian daging dan harga. Faktor yang mempengaruhi konsumsi daging ayam secara parsial yaitu pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera, harga daging ayam broiler dan harga daging sapi sedangkan faktor pendidikan tidak berpengaruh terhadap konsumsi daging ayam broiler.

Kata kunci: analisis konjoin, atribut, daging ayam, faktor, preferensi konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v38i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.