Kelayakan Finansial Pemasaran Ikan Hias Guppy (Poecillia reticulatus Peters) Pedagang Ikan Hias Di Kota Semarang
Abstract
ABSTRAK
Ikan Guppy (Poecillia reticulatus Peters ) ikan hias mudah dipelihara, diternakan, indah mempunyai nilai ekonomi dan sudah dikenal masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada pedagang penjual ikan hias khusus ikan Guppy (Poecillia reticulatus Peters) pada pasar ikan hias pasar Johar dan Tlogosari Kota Semarang, pada bulan Oktober-Nopember 2021. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan finansial pemasaran Ikan Hias Guppy oleh pedagang Ikan Hias dan perilaku konsumen pembeli ikan Guppy (Poecillia reticulatus Peters) Metode dasar penelitian deskriptif analisis , penentuan sampel secara purposiv, responden nya secara sensus (20 responden ), responden konsumen pembeli ikan secara insidentil (30 responden). Untuk mengetahui pendapatan dengan perhitungan biaya operasional dan penerimaan hasil , untuk mengetahui kelayakan menggunakan R/C ratio , BEP , untuk mengetahui perilaku konsumen diperoleh informasi konsumen pembeli ikan Guppy ( Poecillia reticulatus Peters ). Hasil pemasaran penjualan ikan Guppy (Poecillia reticulatus Peters ) Rp.1.735.000,- per tahun , R/C ratio = 1,2 lebih besar dari satu berarti layak, BEP penjualan 1.445 ekor per tahun berarti titik balik modal pada 1.445 ekor prer tahun , real terjual 1,735 .ekor per tahun., BEP Harga Rp.5000,- per ekor, real dijual sebesar Rp.6.000,- Perilaku konsumen membeli untuk menikmati keindahan ikan hias Guppy (Poecillia reticulatus Peters ), menternakan untuk dapat menjualnya, membeli untuk dijual secara eceran sebagai penghasilan. Kesimpulan pemasaran penjualan ikan hias guppy ( Poecillia reticulatus Peters ) layak , mempunyai keindahan ,mudah diternakan untuk penghasilan.
Kata kunci : Kelayakan, Pemasaran , Ikan Guppy
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v39i2.339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.