Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bawang Merah Di Kota Parepare

Nurul Izzah, Irmayani, dan Arma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengarui harga bawang merah di Kota Parepare dengan variabel bebas biaya pemasaran, pengawasan pemerintah, permintaan dan jumlah modal. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Parepare. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pedagang besar bawang merah di Kota Parepare yag berjumlah 25 orang dan pedagang pengecer di berbagai pasar di Kota Parepare yang berjumlah 125 sehingga total populasi sebesar 150 orang. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 40 sampel yang tersiri dari 25 dari pedagang besar dan 15 dari pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara biaya pemasaran, permintaan, pengawasan pemerintah dan modal terhadap harga bawang merah di Kota Parepare yang dibuktikan dengan hasil tabel annova diperoleh nilai Fhitung = 72.086 sedangkan menggunakan tabel distribusi F diperoleh nilai Ftabel = 2.64 yang berarti Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi atau determinasi yang diberikan oleh variabel biaya pemasaran, permintaan, persaingan usaha, pengawasan pemerintah dan modal adalah D = (0,944)2 x 100% = 89%. Artinya variabel biaya pemasaran, permintaan, pengawasan pemerintah dan modal tersebut memberikan kontribusi sebesar 89% terhadap perubahan harga bawang merah, 11% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian.


Keywords


harga bawang merah, permintaan, jumlah modal, biaya pemasaran, pengawasan pemerintah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v40i1.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.