Analisis Efisiensi Pemasaran Susu Sapi Segar Di Kabupaten Semarang

Wahyu Aji Nugroho, Kustopo Budiraharjo, dan Suryani Nurfadillah

Abstract


ABSTRAK

Susu sapi menjadi salah satu bagian dari produk yang mudah rusak sehingga menimbulkan peluang besar bagi peternak mengalami kerugian apabila tidak segera dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran serta menganalisis efisiensi pemasaran susu sapi. Lokasi penelitian di Kabupaten Semarang tepatnya di Kecamatan Ungaran Timur, Kecamatan Tengaran dan Kecamatan Getasan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022. Metode Penelitian menggunakan survei dan lokasi dipilih secara sengaja. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah sampel keseluruhan 60 peternak dan 30 konsumen. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga kecamatan menggunakan 4 pola saluran pemasaran, diantaranta pola I peternak-konsumen, pola II peternak-pedagang pengumpul-koperasi-konsumen, pola III peternak-pedagang pengecer-konsumen, pola IV peternak-koperasi-konsumen. Hasil penelitian menunjukkan fungsi pemasaran yang dilakukan Lembaga pemasaran di ketiga kecamatan memiliki funsgi yang baik dan tepat sesuai dengan porsinya. Nilai efisiensi pemasaran pada ketiga kecamatan sudah mencapai nilai efisiensi yang dilihat berdasarkan perhitungan margin dan farmer’s share yang sudah memenuhi nilai keuntungan bagi peternak. Penelitian ini berguna agar peternak lebih teliti dan bijak dalam menentukan saluran pemasaran yang akan digunakan untuk memperluas pemasaran dan juga meningkatkan keuntungan.


Keywords


Efisiensi Susu Sapi, Pemasaran, Margin, Farmer’s Share

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v41i1.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.