Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang
Abstract
Agroindustri kopi memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan di Indonesia karena memiliki prospek besar baik nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi prioritas yang tepat untuk pengembangan pemasaran produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang di Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan wawancara pengisian kuesioner oleh key informant dari internal dan eksternal perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan SuperDecisions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan terletak pada Kuadran I, sehingga strategi SO (Strength-Opportunity) yang diterapkan adalah mengoptimalkan pemanfaatan lahan perkebunan dan dukungan pemerintah serta organisasi terkait untuk meningkatkan produksi kopi, memanfaatkan keunggulan kualitas dan rasa kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas, dan memperkuat merek Java Coffee Tlogo dengan memanfaatkan lokasi sebagai tempat wisata dan edukasi tentang kopi. Prioritas strategi utama adalah memanfaatkan keunggulan kualitas kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas dengan meningkatkan promosi produk secara tidak langsung.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v41i2.434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.