Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Daging Ayam Broiler Di Gelael Supermarket Semarang

Intan Ayuningtyas, Titik Ekowati dan Agus Setiadi

Abstract


Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, konsumsi daging ayam broiler di Indonesia juga mengalami peningkatan. Masyarakat mulai menyadari pentingnya hidup bersih dan sehat setelah masa pandemi ini, sehingga berbelanja di pasar modern menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian. Bauran pemasaran yang tepat diberikan oleh perusahaan akan membawa kepuasan terhadap konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan menganalisis kinerja Gelael Supermarket Semarang terhadap atribut bauran pemasaran berdasarkan harapan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada 11 Juli – 9 September 2022 di Gelael Supermarket cabang Mal Ciputra dan Sultan Agung. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kepuasan konsumen Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan konsumen Gelael Supermarket Semarang sebesar 83,65% yang menunjukkan bahwa konsumen sangat puas. Atribut yang dapat dipertahankan adalah warna daging, kebersihan daging, kemasan daging, aksesibilitas lokasi, lahan parkir, sikap pelayanan, kerapian pelayan, kecepatan dan ketepatan pelayanan, kemampuan penanganan keluhan, kerapian layout, dan kondisi kelayakan bangunan. Atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah kesesuaian harga dan potongan harga.


Keywords


bauran pemasaran; daging ayam broiler; kepuasan konsumen; supermarket

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v41i2.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.