Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Jamur Tiram CV. Jati Nikmat Di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Jawa Tengah

Yaumil Arahman, Kustopo Budiraharjo, dan Agus Setiadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis secara parsial maupun serempak adanya pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen jamur tiram Jati Nikmat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data dengan wawarncara dan observasi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel dengan responden yang kebetulan dijumpai pada saat membeli jamur tiram di CV. Jati Nikmat. Jumlah responden yang dibutuhkan adalah 100 konsumen. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan program SPSS 25. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yang dilengkapi dengan pengujian seperti uji kelayakan instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil bahwa secara serempak harga dan promosi berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial harga dan promosi berpengaruh nyata sedangkan produk tidak berpengaruh. Koefisien Determinasi sebesar 0,627 artinya variabel produk harga dan promosi menjelaskan nilai variabel kepuasan sebesar 62,7 %, sisanya sebesar 37,3 % dijelaskan variabel lain di luar model.


Keywords


Harga; promosi; jamur tiram; kepuasan konsumen.



DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v41i2.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.