Analisis Pemasaran Alpukat Lokal (Perseaamericana.) Di Desa Wonokerso Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung

Gambar Cahya Rukmana, Eko Suharyono, dan Sulistyowati.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, farmer's share dan marjin pemasaran alpukat lokal di desa Wonokerso. Penelitian dilaksanakan di desa Wonokerso, kecamatan Pringsurat, kabupaten Temanggung pada bulan Pebruari sampai dengan Mei 2022. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskripstif. Metode sensus digunakan dalam metode penentuan sampel, dikarenakan jumlah petani sebanyak 60 orang. Metode snowball digunakan untuk meperoleh informasi dari pemasaran alpukat lokal sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran dalam rantai pemasokan alpukat lokal, yaitu Saluran pemasaran 1 dimulai dari petani, pengepul, pengecer dan konsumen dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 15199,56 dan memperoleh keuntungan pemasaran sebesar Rp. 7800,44. Saluran pemasaran 2 terdiri dari petani, pedagang besar, pengecer dan konsumen dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 12746,61 dan memperoleh keuntungan pemasaran sebesar Rp. 20253,39. Saluran pemasaran 3 terdiri dari petani, pengepul, pedagang besar, pengecer dan konsumen dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 24357,79 dan memperoleh keuntungan pemasaran sebesar Rp. 8642,21. Saluran 2 adalah saluran yang paling efisien nilai farmer’s sharenya, karena besarnya farmer’s share lebih dari 40% yaitu sebesar 53%. Saluran 1 dan 3 memiliki nilai margin tertinggi yaitu Rp. 10.000 dengan persentase 37%.


Keywords


Alpukat Lokal, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Saluran Pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i1.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.