Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Produk Frozen Fruit Bali Food Industry Di Bali

Hery Setiyawan Wiludjeng Roessal dan Putu Amelia Savitha Diana Putri

Abstract


Produk frozen fruit merupakan bentuk olahan makanan berupa buah yang diolah dengan metode pembekuan, yang memiliki nilai jual relatif lebih tinggi dibandingkan buah segar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis nilai rata – rata maksimum WTP (Willingness to Pay) konsumen yang bersedia membayar lebih, dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen terhadap produk frozen fruit Bali Food Industry di Bali. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Bali dengan menggunakan 58 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling yang kemudian jumlah responden dari setiap daerah ditentukan dengan proportionate random sampling. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif, CVM (Contingent Methods Value), dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen merupakan restoran, lama usaha memiliki rentang 1-5 tahun, dengan mayoritas berdiri sejak tahun 2020, berlokasi di Kabupaten Badung, dengan rentang jumlah pembelian 2-10 Kg/sekali pembelian, kualitas termasuk kategori tinggi, harga termasuk kategori tinggi, keamanan termasuk kategori tinggi, dan frekuensi pembelian 1-6 kali/bulan. Sebanyak 69% bersedia membayar lebih dengan peningkatan 8,93% sampai 11,50%. Secara parsial, frekuensi pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap kesediaan membayar konsumen produk frozen fruit di Bali Food Industry.


Keywords


Contingent Methods Value, frozen fruit, kesediaan membayar, regresi logistik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i1.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.