Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Sustainable marketing Cokelat Monggo Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen produk Coklat Monggo terhadap strategi sustainable marketing dan implementasi strategi sustainable marketing pada produk Cokelat Monggo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Jumlah sampel konsumen sebanyak 150 responden. Kriteria responden yaitu konsumen yang pernah atau sedang berkunjung di Cokelat Monggodan berusia di atas 17 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara berdasarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif serta menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Analisis digunakan untuk mengetahui kepuasan konsumen dan mengetahui pengaruh faktor 5C terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis IPA menunjukkan atribut penyampaian informasi yang perlu mendapat perhatian dari perusahaan. Sustainable Marketing yang dilakukan sudah sesuai dengan keterbutuhan konsumen, dilihat pada Kuadran IV menunjukkan tidak atribut yang berada di kuadran ini. Hasil analisis CSI menghasilkan nilai sebesar 83,72%., sehingga tergolong dalam kategori sangat puas.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v42i2.561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.