Analisis Pemasaran Jagung Pipil (Zea mays var. Identitata) NK 6172 Perkasa Di Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang

Dowo, Harum Sitepu, dan Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang bulan Mei-Juni tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, mengetahui kondisi biaya margin pemasaran dan farmer’s share, mengetahui tingkat efisiensi pada analisis pemasaran jagung pipil. Peneliti menggunakan metode deskriptif analisis dan Ex Post Facto penentuan responden dengan teknik snowball sampling, jenis dan sumber data yang digunakan data primer, data sekunder. Responden dalam penelitian ini yaitu 50 orang petani, 5 orang pedagang pengepul, dan 2 orang pedagang besar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara struktural, observasi dan pencatatan Metode analisis data:Untuk mengetaui margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian: 1. Terdapat tiga saluran pemasaran: saluran pemasaran I (Petani – Konsumen), saluran pemasaran II (Petani – Pedagang Pengepul – Konsumen), dan saluran pemasaran III (Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Konsumen). 2. Biaya saluran I: Rp. 129,00; saluran II: 125,00; saluran III: Rp. 243,33. Margin saluran I: Rp 0,00; saluran II: Rp. 350,00; saluran III: Rp. 450,00. Farme’s Share saluran I: 100 %; saluran II: 94,74 %; saluran III: 93,33 %. 3. Efisiensi Pemasaran saluran I: 2,05 %; saluran II: 1,88 %, saluran III: 3,60 %. Kesimpulan: Terdapat 3 saluran pemasaran, biaya, margin, farmer’s share dan efisiensi pemasaran pada proses pemasaran jagung pipil NK 6172 Perkasa di Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang

Keywords


Analisis Pemasaran; Jagung Pipil; NK 6172

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v43i2.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.