STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI GULA AREN DI KABUPATEN KENDAL

Leni Sugiyowati, Karno, Titik Ekowati

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) aspek teknis produksi, aspek finansial, aspek pemasaran gula aren, b) alternatif strategi pengembangan agroindustri gula aren dan c) prioritas strategi pengembangan agroindustri gula aren di Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Lokasi penelitian di Kecamatan Limbangan, Kecamatan Boja dan Kecamatan Singorojo. Penelitian dilakukan dari bulan Desember 2013 sampai dengan bulan Februari 2014. Sampel pengrajin gula aren yaitu 90 pengrajin yang ditentukan dengan proporsional random sampling, sampel pedagang 36 pedagang dengan snowball sampling, responden sebagai key person yaitu 15 pengrajin dan 12 key person pada FGD (Forum Group Discussion) ditentukan secara purposive. Metode analisis data meliputi analisis finansial dengan menghitung biaya produksi dan pendapatan usaha pengolahan gula aren. Analisis aspek pemasaran dengan menghitung nilai marjin pemasaran, farmer’s share dan nilai efisiensi pemasaran. Analisis alternatif strategi dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pengolahan gula aren di Kabupaten Kendal masih bersifat sederhana. Analisis aspek finansial yaitu rata-rata biaya yang dikeluarkan dalam satu kali proses produksi adalah Rp 89.960 dengan rata-rata produksi 10,48 kg. Penerimaan yang diperoleh yaitu Rp 108.157, sehingga pendapatan yang diperoleh adalah Rp 18.196. Analisis kelayakan usaha nilai R/C ratio 1,2 dan B/C ratio 0,2 yaitu usaha ini layak dan menguntungkan. Analisis aspek pemasaran farmer’s share dan nilai efisiensi pemasaran pada semua saluran pemasaran gula aren di Kabupaten Kendal sudah berjalan efisien. Berdasarkan analisis SWOT, posisi usaha pengolahan gula aren berada pada kuadran I. Alternatif strategi pengembangan agroindustri gula aren dengan menggunakan strategi S-O yaitu mendukung pertumbuhan agresif.

Kata Kunci : gula aren, finansial, pemasaran, SWOT.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v33i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.