Strategi Pemasaran Ikan Lele “UD Sendang Endah” Di Pasar Rejomulyo Semarang

Sulistyowati ,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan pemasaran ikan lele yang ketat di pasar Rejo Mulyo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran ikan lele di Pasar Rejomulyo Semarang pada “UD Sendang Indah”, menganalisis prioritas strategi yang diterapkan dalam pemasaran ikan lele di Pasar Rejomulyo Semarang. Penelitian dilakukan 25 April 2016-26 Mei 2016, data yang dikumpulkan peneliti yaitu berupa data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Pendekatan konsep yang digunakan peneliti yaitu pendekatan konsep manajemen strategi, strategi pemasaran dan analisis SWOT. Alat analisis yang digunakan peneliti untuk merumuskan strategi pemasaran adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal yang menjadi kekuatan utama pada “UD Sendang Indah” adalah kondisi finansial dan hubungan kekeluargaan dengan pelanggan yang cukup tinggi dan faktor kelemahan utama yang dimiliki adalah tingkat sistem pembayaran barang (ikan lele) yang cenderung mundur-mundur (tertunda). Faktor eksternal yang dimiliki pada “UD Sendang Indah” adalah peluang tertinggi adalah peningkatan pasokan bahan baku ikan lele yang cenderung banyak karena Jawa Tengah merupakan potensi penghasil ikan lele dan  faktor ancaman yang dimiliki tertinggi adalah ketatnya persaingan bakul ikan lele di pasar Rejo Mulyo.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, SWOT Analisis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v35i1.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.