Analisis Preferensi Pembeli Dalam Membeli Chicken Nugget Di Pasar Swalayan Superindo Semarang

Dimas Dwi Saputra, Karyadi, dan Harum Sitepu

Abstract


ABSTRAK

Peningkatan konsumsi daging olahan dan pertumbuhan jumlah perusahaan yang menawarkan produk sejenis menimbulkan persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian chicken nugget dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian chicken nugget di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan metode survei pada Pembeli chicken nugget di Kota Semarang. Penelitian dilakukan di 4 Pasar Swalayan di Kota Semarang yang ditentukan secara purposive. Pengambilan responden menggunakan accidental sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden dengan kriteria responden berusia dewasa minimal 17 tahun dan pernah membeli produk chicken nugget di Pasar Swalayan Kota Semarang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian chicken nugget terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis, produk, harga, lokasi dan faktor promosi berpengaruh secara serempak terhadap keputusan pembelian chicken nugget. Secara parsial, faktor budaya, pribadi, psikologis, produk dan faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian chicken nugget.


Keywords


chicken nugget, faktor-faktor, keputusan pembelian, Semarang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v40i2.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.