PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI KOLAM PEMANCINGAN BAROKAH DESA POLAMAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Abstract
Marketing Mix merupakan usaha pemasaran produk dengan cara memperhatikan dan menggabungkan beberapa unsur yang berkaitan keinginan dan kebutuhanan konsumen. Penelitian ini dilakukan di pemancingan Barokah Desa Polaman Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Waktu penelitian mulai April 2010 sampai dengan Desember 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen, hubungan antara varibel serta pengaruh marketing mix secara simultan maupun parsial terhadap konsumen untuk berbelanja. Metode pnelitian bersifat deskriptif, data utama yang diperoleh dari 30 responden, dengan alat pengambil data berupa beberapa pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk mengetahui preferensi dengan menganalisis data dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruhnya menggunakan regresi linair berganda. Hasil yang diperoleh preferensi konsumen baik, secara simultan dari marketing mix sangat nyata, hubungan antar unsur marketing mix (produk, harga,tempat dan promosi) sangat kuat, pengaruh secara parsial hanya pada promosi berpengaruh nyata terhadap konsumen untuk berbelanja. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum marketing mix yang diterapkan oleh pemancingan Barokah sudah cukup menarik bagi konsumen untuk berbelanja.
Kata kunci : preferensi, produk, harga dan promosi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47728/ag.v29i2.37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.