PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI KOLAM PEMANCINGAN BAROKAH DESA POLAMAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Wiharso Sumardi

Abstract


Marketing Mix merupakan usaha pemasaran produk dengan cara memperhatikan dan menggabungkan  beberapa unsur yang berkaitan keinginan dan kebutuhanan konsumen. Penelitian ini dilakukan di  pemancingan Barokah  Desa  Polaman  Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Waktu penelitian mulai April 2010 sampai  dengan Desember 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen, hubungan antara varibel serta pengaruh marketing mix secara simultan maupun  parsial terhadap konsumen untuk berbelanja. Metode pnelitian bersifat deskriptif,  data utama  yang diperoleh dari 30 responden, dengan alat pengambil data  berupa beberapa  pertanyaan yang telah diuji  validitas dan reliabilitasnya. Untuk mengetahui preferensi  dengan menganalisis data dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruhnya menggunakan regresi linair berganda. Hasil yang diperoleh preferensi konsumen baik, secara simultan dari marketing mix sangat nyata, hubungan antar unsur marketing mix (produk, harga,tempat dan promosi) sangat kuat, pengaruh secara parsial hanya pada promosi berpengaruh nyata terhadap  konsumen untuk berbelanja. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum marketing mix yang diterapkan oleh pemancingan Barokah sudah cukup  menarik bagi konsumen untuk berbelanja.

 

Kata kunci : preferensi, produk, harga dan promosi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47728/ag.v29i2.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.